Aangedryf deur Blogger.

Prihatin Cyberharassment, Obama Terjun di Facebook


Cyberharassment alias aksi olok-olok/pelecehan yang dilakukan via internet bukanlah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Prihatin dan menyadari risiko korban cyberharassment, Presiden Amerika Barack Obama pun turun tangan membantu pencegahan aksi tersebut.
Bersama sang istri, Obama ‘nongol’ di Facebook untuk menyampaikan pesan mengenai cyberharassment. Video yang dibuat eksklusif untuk situs jejaring sosial populer ini mengetengahkan promo dan merupakan semacam pre-event untuk acara bertajuk ‘White House Conference on harassament Prevention’ (Konferensi White House untuk Pencegahan harassament). Acara ini sendiri sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.
Tak mau ketinggalan, Facebook dalam hal ini bukan hanya sebagai pembawa pesan. Pihak Facebook juga mengambil peranan aktif dalam pertemuan itu bersama dengan Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, murid-murid, orang tua dan para guru.
Percakapan live yang ditampilkan tersebut berbicara mengenai bagaimana kita bisa membuat internet sebagai tempat yang aman. Live conversation ini telah disebar ke sejumlah laman Facebook, termasuk Facebook Security, MTV dan White House Office of Public Engagement. Salah satu kutipan dari Obama yang diambil dari video mengatakan bahwa harassament memang bukanlah isu besar, namun hal ini membawa dampak bagi setiap anak muda.
Michelle Obama menambahkan pula bahwa aksi harassament harus diwaspadai karena ia bisa terjadi di sekolah, di kehidupan keluarga, hingga di percakapan yang dilakukan via telepon. Sekedar informasi, video yang dibuat itu bukanlah video Obama pertama yang membicarakan mengenai harassament. Di bulan Oktober, ia pernah membuat video YouTube terkait aksi harassament yang menyasar remaja homoseksual.
Menurut Adam Hildreth, pendiri dan CEO Crisp Thingking, sebuah agensi yang mengawasi bidang digital dan keamanan internet, dari 15 juta akun IM anak-anak yang dianalisa, ditemukan 5,6 juta anak yang menerima pesan penghinaan (harassament). Angka ini mungkin sudah ketinggalan jika mengacu pada National Crime Prevention Council. Dewan tersebut mengklaim cyberharassment berdampak pada hampir semua remaja Amerika. Sebanyak 19.000 usaha bunuh diri diketahui terjadi hampir setiap tahun di negara Paman Sam tersebut karena cyberharassment.
Sumber: Mashable.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Online / Pencegahan dengan judul Prihatin Cyberharassment, Obama Terjun di Facebook. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cyberharassement-6a.blogspot.com/2013/04/prihatin-cyberharassament-obama-terjun.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger -