Aangedryf deur Blogger.

Cyberharassment 3 Tahun Berakhir Bunuh Diri


Merasa wajar melakukan penghinaan atau ledek-ledekan di Facebook atau Twitter? Tidak jika pelaku dan korbannya adalah remaja, sebab itu merupakan usia rawan dimana seseorang berjiwa sangat labil dan nekad berbuat apa saja. Terlebih lagi jika cyberharassment sudah sangat berlebihan hingga terjadi bertahun-tahun.
Sebuah kasus cyberharassment di Kanada baru-baru ini berakhir tragis. Amanda Todd 15 tahun, bunuh diri pada 10 Oktober kemarin akibat merasa depresi menjadi korban penghinaan di dunia maya.  Cyberharassment yang dialami Amanda tidak tanggung-tanggung, yaitu selama 3 tahun, dan berimbas pada kekerasan fisik.
Sebelum melakukan bunuh diri, gadis itu meninggalkan pesan di YouTube dalam video berdurasi 9 menit, yakni “Saya tidak memiliki siapapun. Saya membutuhkan seseorang.”
Cyberharassment dialaminya sejak 3 tahun silam setelah seorang pria menjebaknya untuk bertelanjang dada di Webcam. Tak lama kemudian foto tidak senonohnya itu beredar di seanteo jagat maya.  Akibatnya Amanda menjadi bulan-bulanan di dunia maya dan nyata, termasuk sekolahnya. Bahkan depresi membuatnya jadi pecandu obat dan alkohol.
Bunuh diri dilakukan Amanda sebagai rasa frustasi karena si penguntit sudah mengirim foto-foto topless Amanda ke sekolah barunya.
Kasus Amanda hanya sedikit dari cyberharassment yang berakhir tragis. Sebuah studi mengatakan bahwa 1 dari 10 korban cyberharassment melakukan bunu diri. Cyberharassment hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari komentar menyerang di Facebook, SMS, pesan teks lain, Twitter, email, YouTube, dan semua media elektronik.
Sebanyak 88% anak usia 12-18 tahun mengaku menyaksikan orang melakukan cyberharassment, demikian menurut studi Pew Center for Internet and American Life. Tahun 2011. Sementara pada 2012 Dan Olweus dari University of Bergen, Norwegia, menemukan bahwa 5% dari siswa di Amerika telah melaporkan dirinya menjadi target cyberharassment. Padahal bisa jadi lebih banyak kasus yang tidak dilaporkan.
Sumber referensi: Technewsdaily
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fakta / Online dengan judul Cyberharassment 3 Tahun Berakhir Bunuh Diri. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cyberharassement-6a.blogspot.com/2013/04/cyberharassment-3-tahun-berakhir-bunuh.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger -