Aangedryf deur Blogger.

Awas, Korban Cyber Harassament Berpotensi Balas Dendam


Remaja yang menjadi korban cyber harassement (penghinaan/pelecehan) lewat internet, ternyata memiliki kecenderungan untuk melakukan hal serupa pada remaja lainnya. Hal ini mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh psikolog anak-anak Shane Gallagher dari Cambridgeshire Educational Psychology Service di Inggris.
Demi mendapatkan hubungan antara korban cyber harassement  dan aksi cyber harassement , Gallagher mensurvey 229 remaja berusia 11 hingga 16 tahun (128 laki-laki dan 101 perempuan) dan orang tua mereka. Ratusan partisipan muda ini diberi pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman harassement  yang mereka alami.
Dan hasilnya pun keluar. Ternyata benar, ada korelasi yang kuat antara mereka yang menjadi korban olok-olok dengan aksi olok-olok itu sendiri. Mereka yang pernah menjadi korban mengaku adanya kemungkinan dalam diri mereka untuk menjadi si pelaku cyber harassement. Sungguh memprihatinkan. Akan tetapi masih belum jelas apakah mereka akan melakukan olok-olok ke orang lain yang tidak terkait dengan pengalaman mereka, ataukah aksi itu hanya ditujukan kepada pihak-pihak tertentu sebagai langkah balas dendam.
Dalam penelitian tersebut Gallagher juga menemukan bahwa dibanding laki-laki, perempuan lebih berpotensi melakukan aksi cyber harassement . Gallegher juga mengkategorikan aksi ini ke dalam 2 jenis: Harassement  langsung dan tak langsung. Harassement  tradisional dikategorikan ke dalam jenis harassement  langsung, sedangcyber harassement  masuk ke jenis tak langsung di mana untuk jenis ke-2 ini banyak dilakukan oleh perempuan. Fakta tersebut mengacu pada penelitian sebelumnya.
Mengetahui hasil penelitian di atas, orang tua dalam hal ini dihimbau untuk lebih memperhatikan anak-anaknya agar tidak menjadi korban penghinaan di ranah maya atau cyber harassement . Dengan mudahnya akses internet via ponsel, aksi cyber harassement lebih rentan terjadi. Oleh karena itu orang tua pun diharapkan lebih melek teknologi dan tidak memandang aksi ini sebagai hal kecil karena akan berdampak negatif pada si anak.
Sumber: nationalcybersecurity
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Fakta / Online dengan judul Awas, Korban Cyber Harassament Berpotensi Balas Dendam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://cyberharassement-6a.blogspot.com/2013/03/awas-korban-cyber-harassament.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger -