Aangedryf deur Blogger.

4 Tips Agar Guru Terhindar Cyberharassment


teacher
Cyberharassment ternyata bukan hanya dialami para anak dan remaja. Guru sekolah pun ikut menjadi korban bulan-bulanan di dunia maya. Sebuah studi terhadap 400 profesional bidang pendidikan yang diselenggarakan Plymouth University di Inggris, menyatakan bahwa sebesar 35% peserta pernah menjadi obyek pelecehan di dunia maya.
Sebesar 72% para pengajar yang mangaku mengalami cyberharassment yang dilakukan oleh mantan siswa. Sedangkan 26% dilakukan oleh orang tua siswa. Menurut Profesor Andy Phippen, pemimpin studi tersebut, menyarankan agar pihak sekolah lebih tenang dalam mengkonfrontasi fenomena ini.
Fakta bahwa lebih dari seperempat laporan cyberharassment berasal dari pihak orang tya juga cukup mengejutkan. Studi ini dilakukan dalam rangka menyotori kasus di mana seorang kepala sekolah menjadi korban cyberharassment oleh orang tua murid di sekolahnya. Si kepala sekolah sampai membutuhkan bantuan medis akibat ulah tersebut. “Sekolah jelas menjadi down karena sejumlah isu terkait, sebab mereka tidak paham bagaimana menghadapinya,” komentar Phippen.
Juru bicara National Union of Teachers (NUT) memberi beberapa tips bagaimana agar para pengajar bisa terhindar dari cyberharassment:
  1. Jangan memposting hal-hal pribadi yang tidak ingin diketahui siswa, orang tua siswa, atau rekan kerja.
  2. Jangan berteman dengan siswa, orang tua siswa, atau anggota komunitas sekolah lain di jejaring sosial. Ini demi menghindari kesalahpahaman dalam berinteraksi, dan dampaknya kelak ketika siswa sudah tidak menjadi siswa di sekolah tersebut.
  3. Jangan membalas serangan cyberharassment, sebab hanya akan memperparah keadaan.
  4. Simpan semua bukti cyberharassment dengan tidak menghapus pesan atau foto atau video yang mengandung konten pelecehan yang dikirimkan pelaku cyberharassment. Sebab kelak dapat dipakai jika dibutuhkan.
Sumber artikel: theonlinemom.com 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Online / Tips dengan judul 4 Tips Agar Guru Terhindar Cyberharassment. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://cyberharassement-6a.blogspot.com/2013/04/4-tips-agar-guru-terhindar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger -