Aangedryf deur Blogger.

Ilmuwan MIT Ciptakan Software Anti-Cyberharassment


Cyberharassment atau kekerasan di dunia maya ternyata sudah dianggap cukup serius oleh ilmuwan. Bahakan sudah ada ilmuwan yang meciptakan software anti-cyberbharassment yang dapat mendeteksi seberapa menyakitkan komentar di social media.
Karthik Dinakar dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) tengah mengembangkan sebuah program untuk mengenali sekasar apa sebuah postingan diFacebook dan Twitter. Tujuan software ini adalah untuk membuat para remaja saling menghina di dunia maya. Risetnya mencakup identifikasi kata-kata yang biasa dipakai dalam cyberharassment, seperti  ”ugly”, “fat,” atau kalimat seperti “you need more makeup” , dan sejenisnya. Ia menggunakan artificial intelligence (AI) untuk menginterprestasikan maksud si penulis.
Dinakar mengujicoba software-nya pada sejumlah postingan di situs A Thin Line milik MTV. Program AI Dinakar mampu mengkategorikan 5500 jenis postingan, dan membantu para remaja korban cyberharassment mendapatkan simpati.
“Para remaja ini masih berkembang secara emosianal, dan sering berpikir bahwa dirinya lah satu-satunya orang yang menjadi korban,” jelas Dinakar. “Sudah saatnya mereka tahu bahwa mereka tidak sendirian.”
Program ini dapat memberi peringatan atas adanya postingan yang mengandung pelecehan atau hinaan terjadap orang lain. Dengan begitu user dapat tahu jika ada postingan kasar ke pihak lain, atau dirinya sendiri. Si pelaku cyberharassment sendiri akan mendapat peringatan dari program tersebut. Dinakar menciptakan software ini sebagai bentuk keprihatinannya terhadap peningkatan jumlah cyberharassment. Lebih dari setengah remaja di Amerika pernah mengalami pelecehan di dunia maya ini.
Software ciptaan Dinakar bisa membantu social media seperti Facebook dan Twitter untuk mencegah terjadinya cyberharassment secara lebih efektif. 
Sumber artikel: mobiledia.com 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Aplikasi / Online / Pencegahan dengan judul Ilmuwan MIT Ciptakan Software Anti-Cyberharassment. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://cyberharassement-6a.blogspot.com/2013/04/ilmuwan-mit-ciptakan-software-anti.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger -